Film-film yang populer kembali karena bertemakan Pandemi

  1. The Flu (2013)

Film ini bercerita tentang sekelompok imigran diselundupkan di dalam kontainer barang dengan tujuan akhir mereka adalah Korea Selatan. Salah satu dari imigran membawa virus yang mematikan dan sangat menular. Byung-Ki dan Byoung-Woo pergi ke tempat pengiriman untuk membebaskan para imigran tersebut, namun saat mereka tiba di lokasi kontainer tersebut, mereka menemukan bahwa semua imigran mati, kecuali satu orang. Tak lama kemudian, setiap jam ribuan orang terinfeksi oleh virus mematikan, yang dapat membunuh dalam waktu 36 jam infeksi. Seluruh pinggiran Bundang dikarantina oleh pemerintah dalam upaya putus asa untuk menghentikan penyebaran virus lebih jauh.

  1. Contagion (2011)

Film ini terinspirasi oleh pandemi wabah virus SARS 2002-2004 dan pandemi flu 2009. Contagnion menceritakan tentang tersebarnya virus yang berasal dari babi dan kelelawar atau disebut MECV-1. Ketika virus tersebut menyebar, kota Chicago memutuskan untuk melakukan lockdown atau menutup seluruh akses keluar masuk kota dan mengkarantina diri. Setelah itu, penjarahan serta kekerasan mulai terjadi. Virus dalam film ini hampir mirip dengan virus Corona yang disebabkan oleh sumber yang sama.

  1. Train To Busan (2016)

Hampir semua orang pasti pernah mendengar atau melihat film ini. Film yang saangt sukses di Korea Selatan dan beberapa negara ini, merupakan film yang menceritakan tentang bencana virus yang menyebar di Korea Selatan. Film in menyorot beberapa orang pergi berjuang menyelamatkan diri dengan sebuah kereta listrik cepat dari rute Seoul ke Busan. Orang-orang yang terserang virus tersebut akan menjadi zombie dan menyerang semua orang yang belum terinfeksi virus tersebut.

 

  1. World War Z (2013)

World War Z menceritakan perjuangan Gerry Lane, seorang mantan pegawai PBB bersama istri dan kedua anaknya yang terjebak dalam kemacetan ketika segerombolan zombie menyerang kota. Gerry dan keluarganya kemudian diselamatkan dan dibawa naik ke kapal milik US Navy yang berada di Samudera Atlantik di mana ilmuwan dan anggota militer menganalisis kejadian tersebut. Seorang virologist berteori bahwa wabah zombie tersebut disebabkan oleh virus dan vaksin hanya bisa dikembangkan jika penyebab wabah diketahui. Gerry pun setuju untuk membantu mencari tahu sumber wabah tersebut setelah mengetahui bahwa keluarganya bisa diusir jika ia tidak mau bekerjasama.

  1. Cabin Fever (2016)

Fim ini menceritakan lima sahabat yang menyembunyikan diri ke sebuah pondok kayu di hutan terpencil untuk bersenang-senang. Entah bagaimana, saat-saat menyenangkan mereka tiba-tiba saja berubah menjadi bencana ketika sebuah penyakit demam aneh yang dibawa oleh seseorang yang terluka dan berdarah menjangkiti pondok mereka. Berada jauh di dalam hutan, mereka tidak bisa memberikan perlawanan terhadap infeksi tersebut, lari dari musuh yang mereka tak bisa lihat atau bunuh, rasa takut akan tertular, membuat mereka mulai saling menyerang satu sama lain.

  1. Alive (2020)

Alive menjadi salah satu film musim panas hit di Korea Selatan. Film yang mengisahkan wabah zombi ini menjadi yang pertama berhasil meraih lebih dari 1 juta penonton di Korea Selatan saat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Film ini mengisahkan tentang wabah misterius yang secara cepat menyebar dan tak terkendali di kota Seoul. Saat wabah tersebut menyerang manusia, mereka akan berubah menjadi zombie yang buas dan agresif.

  1. Outbreak (1995)

Film mengisahkan penyakit fiktif bernama motaba yang menjangkiti warga di Zaire, Afrika, setelah seekor monyet kapucin yang terinfeksi diselundupkan ke negara itu. Kota kecil Cedar Creeks segera berstatus darurat militer karena infeksi yang menyebar.

  1. Resident Evil Series (2002 – 2016)

Satu-satunya hal yang perlu kamu ketahui tentang film yang diangkat dari game Resident Evil buatan Capcom ini yaitu ada sebuah perusahaan jahat (Umbrella) yang menciptakan virus untuk mengubah sebagian besar umat manusia menjadi zombie atau bioweapon. Mila Jovovich menjadi pemeran utama dalam setiap filmnya yang memerankan karakter Alice. Bagi penggemar gamenya, kita juga akan melihat karakter-karakter seperti Leon, Chris, dan Jill dalam filmnya yang berusaha melawan Umbrella.

 

(Sumber: detikHot.Alifah,Nanda. 20 Januari 2021. 26 Juli 2021. https://hot.detik.com/movie/d-5341569/8-film-bertema-wabah-penyakit-ini-populer-lagi-karena-covid-19/2)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *